Beranda » Blog » Tips Mencegah dan Mengobati Sakit Maag

Tips Mencegah dan Mengobati Sakit Maag

Diposting pada 22 May 2015 oleh tahesta2 / Dilihat: 1.297 kali / Kategori:

Sejak zaman orang-orang tua dahulu kunyit merupakan obat tradisional untuk masalah sakit maag. Pada tahun 1986, sebuah penelitian terhadap 10 pasien yang menderita sakit lambung. Masing-masing diberi kapsul kunyit @250 mg 4 kali sehari. Ketika pemeriksaan endoskopi setelah pengobatan 4, 8 dan 12 minggu, 7 orang pasien sembuh dalam waktu 4-12 minggu tersebut.

Sebenarnya apa kandungan dalam kunyit sehingga mampu melawan penyakit maag ini?
Senyawa kurkuminoid dalam kunyit yang bersifat anti bakteri dan kurkumin yang mampu meningkatkan produksi mukus/sejenis lendir pada mukosa/lapisan lambung sehingga lambung terlapisi, akhirnya gangguan lambung dapat dicegah dan diperbaiki.

Juga, kandungan minyak atsiri dalam kunyit yang sifatnya antiradang. Sebuah penelitian menunjukkan ekstrak air kunyit 40 mg/kg berat badan sama khasiatnya dengan antiradang buatan pabrik 5 mg/kg berat badan.

Upaya lain yang bisa ditempuh untuk menghindari sakitnya lambung yaitu dengan:
– Rutinnya jam makan. Dengan rutinitas jadwal makan akan terbiasa lambung dengan jam kerjanya. Maka produksi asam lambung pun akan terjadwal dengan baik.
– Tidak makan secara berlebihan atau kekurangan. Makan secara berlebihan dapat menyebabkan kegemukan, sementara bila kekurangan energi tubuh akan lemah dan tidak dapat melakukan aktivitas dengan baik.
– Tidak mengunyah makanan dengan terburu-buru karena akan membebani saluran cerna. Saat makan sebaiknya jangan diselingi dengan minum karena akan menimbulkan rasa kenyang yang bersifat semu. Setelah makan, dianjurkan tidak melakukan aktivitas berat, tidur, duduk karena akan menganggu proses pencernaan. Sebaiknya, tetaplah melakukan aktivitas ringan.

Dr. Sri Sukmaniah, SpGk, dari Departemen Gizi FKUI menambahkan, selain harus menepati jadwal makan, ada baiknya juga mengonsumsi makanan selingan yang sehat agar menjaga lambung tidak kosong terlalu lama.
Tentunya tidak ada salahnya kalau kita mencobanya. Dengan idzin Alloh akan bermanfaat.

Bagikan ke

Tips Mencegah dan Mengobati Sakit Maag

Saat ini belum tersedia komentar.

Mohon maaf, form komentar dinonaktifkan pada halaman/artikel ini.

Tips Mencegah dan Mengobati Sakit Maag

Social Media & Marketplace
Chat via Whatsapp

Ada yang ditanyakan?
Klik untuk chat dengan customer support kami

Cak Tahes
● online
Cak Tahes
● online
Halo, perkenalkan saya Cak Tahes
baru saja
Ada yang bisa saya bantu?
baru saja

Produk yang sangat tepat, pilihan bagus..!

Berhasil ditambahkan ke keranjang belanja
Lanjut Belanja
Checkout
Produk Quick Order

Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak dibawah: